November 11, 2021

Pilih Mana Beli Rumah Siap Huni atau Inden?

Rumah adalah salah satu jenis properti yang digemari oleh masyarakat. Bila Anda memilih kenyamanan sebagai acuan tempat tinggal, tentu rumah pilihanya. Dengan membeli rumah yang memiliki luas bangunan lebih besar daripada apartemen, tentu akan lebih nyaman untuk dihuni bersama keluarga. Bahkan kita bisa memiliki pekarangan, garasi, taman yang dapat dikreasikan. 

Tidak hanya unggul dari aspek kenyamanan, rumah memiliki nilai jual lebih tinggi daripada apartemen, berdasarkan pertumbuhan tren penjualan properti year-to-year, Juni 2020 ke Juni 2021 secara keseluruhan meningkat sebesar 36,8%. Hal ini menunjukan bahwa minat masyarakat terhadap rumah tetap tinggi meski di tengah masa pandemi. 

Terdapat dua skema untuk membeli rumah, yakni membeli rumah dalam status sudah jadi atau siap huni (ready stock) atau inden. 

Rumah ready stock atau siap huni adalah rumah yang dibeli dalam kondisi sudah jadi dan siap untuk ditinggali. Sementara, rumah inden merupakan rumah yang belum bisa ditempati karena rumah belum selesai dibangun. Mengingat pembelian dilakukan di tahap awal pembangunan. 

Keuntungan Beli Rumah Inden

Desain Rumah Terkini

Biasanya, rumah besutan developer berbeda dengan individu. Developer paham betul pasar properti dan tren desain rumah yang sedang dicari banyak orang masa kini. Sehingga, jika Anda membeli rumah inden, akan menemukan jenis-jenis desain yang sangat memikat mata. 

Ada Promo Early Bird

Dari segi biaya, membeli rumah inden cenderung lebih menguntungkan, karena calon pembeli bisa mendapatkan berbagai promo menarik. Seperti promo early bird, pembayaran down payment (DP) ringan, cicilan murah, tambahan atap carportcash back, hadiah langsung dan lain sebagainya.    

Keuntungan Beli Rumah Siap Huni

Bisa Langsung Ditempati 

Rumah siap huni umumnya sudah tersedia listrik, air, kabel telepon, dan hal-hal penting lainnya. Sehingga rumah siap huni lebih siap untuk ditinggali, terutama jika Anda dalam keadaan urgent dan butuh rumah dihuni cepat. Harga rumah bisa di nego dengan pemiliknya langsung atau melalui tim pemasaran untuk menanyakan perihal fasilitas pembayaran dan promo sehingga kemungkinan mendapatkan rumah murah lebih besar.

Lingkungan Sudah Ramai

Salah satu keuntungan membeli rumah siap huni adalah lingkungan yang sudah ramai, Anda bisa memiliki tetangga yang sudah tinggal di situ terlebih dahulu. Dengan banyaknya tetangga di sekeliling rumah tentunya akan membuat lingkungan terasa lebih aman dan bisa bersosialisasi dengan mudah.   

Pada akhirnya, membeli rumah inden maupun ready stock memiliki kelebihan dan masing-masing. Bagi mereka yang mencari keuntungan dari kenaikan harga jual rumah sebesar 10% sampai 20% hingga rumah selesai dibangun, dapat memilih rumah inden. Sementara bagi pasangan muda, sebaiknya memilih rumah yang sudah jadi atau ready stock, rumah ini sangat cocok bagi mereka yang ingin langsung menempati rumah.

Baca Lagi: Ulasan Jembatan Terpanjang di Dunia, Nomor 7 Bikin Takjub!

Lihat Brosur

Isi detail kontak di sini agar kami bisa mengirimkan info ekslusif untuk Anda.
Contact Agent